Site Loader
Rock Street, San Francisco

Image result for Cholera - A Traveller's Guide

Apa itu kolera?

Kolera adalah infeksi diare yang merupakan masalah terutama di negara-negara berkembang, di mana sanitasi buruk. Negara-negara di Afrika melaporkan sebagian besar kasus kolera, tetapi wabah baru dapat terjadi di seluruh dunia sehingga penting untuk mendapatkan vaksin di tempat suntik meningitis sebelum Anda bepergian.

Bakteri kolera dilewatkan dalam gerakan usus orang yang terinfeksi, oleh karena itu penting untuk mencuci tangan setelah pergi ke toilet. Di negara berkembang, air minum dapat terkontaminasi dengan bakteri.

Buah, sayuran, dan makanan mentah yang dicuci dengan air yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi. Kerang dapat terinfeksi jika berasal dari laut di mana limbah menjadi masalah. Makanan yang dimasak aman, tetapi dapat terkontaminasi jika telah ditangani oleh seseorang dengan bakteri.

Gejala kolera

Sekitar 75% orang yang terinfeksi kolera tidak mengalami gejala apa pun. Namun bakteri tetap berada di dalam tinja selama 7-14 hari, dan berpotensi menginfeksi orang lain. Ketika orang menunjukkan gejala, mereka dapat mulai dengan sangat tiba-tiba – kadang-kadang hanya dalam waktu dua jam setelah makan atau minum air atau makanan yang terinfeksi. Pada pelancong yang sehat, kolera biasanya ringan dan diare mungkin merupakan satu-satunya gejala. Pada kasus yang parah, gejala kolera dapat meliputi:

  1. Diare berair
  2. Perlu ke toilet berulang kali
  3. Dehidrasi parah

Dehidrasi parah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kematian. Kolera menyerang orang dewasa dan anak-anak. Dalam kasus yang parah dapat membunuh dalam beberapa jam. Orang dengan kekebalan rendah beresiko lebih besar jika mereka terinfeksi kolera. Di negara-negara di mana perawatan medis tersedia dengan cepat, rehidrasi adalah perawatan yang sangat efektif dan menyelamatkan jiwa.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengira Anda menderita kolera? Anda harus segera mencari pertolongan medis jika Anda melihat salah satu tanda dan gejala kolera parah.

Jika seorang perawat kesehatan perjalanan telah memberi tahu Anda bahwa vaksinasi kolera direkomendasikan untuk Anda, tidak ada keraguan bahwa rencana perjalanan Anda membuat Anda berisiko terkena kolera.

Jika mereka mengatakan Anda harus mempertimbangkan vaksinasi kolera, Anda perlu mempertimbangkan risiko dan biaya vaksin terhadap potensi risiko kolera. Banyak orang memilih untuk tidak mengambil risiko dengan kesehatan mereka.

Saran perawat kesehatan perjalanan didasarkan pada:

  1. Informasi terkini tentang apakah kolera menjadi masalah di tempat Anda bepergian
  2. Kesempatan Anda untuk melakukan kontak dengan kolera
  3. Fasilitas medis tersedia jika Anda terinfeksi
  4. Durasi tinggal Anda

Semua rekomendasi vaksinasi perjalanan dapat berubah karena wabah penyakit dan variasi musiman, tetapi perawat kesehatan perjalanan yang baik memiliki akses ke pembaruan harian dan merupakan spesialis dalam layanan kesehatan perjalanan.

Vaksinasi kolera diberikan sebagai cairan untuk diminum, bukan sebagai suntikan. Anda akan diminta untuk tidak makan atau minum selama satu jam sebelum dan sesudah menerimanya. Orang dewasa membutuhkan dua dosis, setidaknya satu minggu terpisah dengan satu minggu lagi sebelum bepergian. Anak-anak antara dua dan enam tahun membutuhkan tiga dosis – sehingga mereka membutuhkan dosis pertama setidaknya tiga minggu sebelum bepergian.

Bagaimana Vaksinasi Kolera Diberikan?

Orang dewasa dan anak-anak tujuh tahun dan lebih tua dapat memiliki booster setelah 2 tahun (enam bulan untuk anak-anak berusia dua hingga enam). Perawat kesehatan perjalanan akan memastikan Anda tahu kapan Anda harus kembali dan menyimpan catatan vaksin yang Anda butuhkan.

Jika Anda telah membuat rencana perjalanan Anda terlambat dan memiliki kurang dari dua minggu sebelum Anda bepergian, segera hubungi Klinik Perjalanan Anda. Mereka mungkin dapat merekomendasikan alternatif, berdasarkan waktu yang tersedia.

Perlindungan kolera: ringkasan tindakan yang harus diambil –

Dapatkan vaksinasi kolera setidaknya dua minggu sebelum Anda bepergian (3 minggu untuk anak-anak usia 2-6 tahun)

Berhati-hatilah saat mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan toilet

Hanya minum air yang Anda tahu aman: Dari botol tertutup atau diolah menggunakan filter berkualitas baik, tablet atau direbus

Hindari makanan mentah terutama salad atau kerang mentah. Makanan yang disajikan panas dan baru dimasak lebih aman

Bawa sachet rehidrasi

Post Author: Ali Corbett